PROGRAM STUDI SARJANA FISIOTERAPI

Izin Operasional
Surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Tentang Ijin Operasional Program Studi Sarjana Fisioterapi No. 21/M/2020
Akreditasi Program Studi
21/M/2020

1. Visi Keilmuan

Menjadi Program Studi yang berintegritas, berdedikasi, enterpreneur dan unggul pada  bidang fisioterapi neurogeriatri melalui pendekatan layanan fisioterapi komunitas di Asia Tenggara tahun 2035.

2. Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan sarjana Fisioterapi yang berintegritas, berdedikasi, enterpreneur dan unggul dalam bidang Fisioterapi Neurogeriatri .
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berintegritas, berdedikasi, enterpreneur dan unggul dalam bidang Fisioterapi Neurogeriatri
  • Menyelenggarakan kerjasama di dalam negeri maupun luar negeri untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi khususnya dalam bidang Fisioterapi Neurogeriatri.

3. Tujuan

  • Menghasilkan lulusan tenaga fisioterapi yang berintegritas, berdedikasi, enterpreneur dan unggul dalam bidang Fisioterapi Neurogeriatri.
  • Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berintegritas, entrepreneur dan unggul dalam bidang Fisioterapi Neurogeriatri
  • Mengembangkan kerjasama di dalam negeri maupun luar negeri untuk kegiatan tridharma perguruan tinggi khususnya dalam bidang Fisioterapi Neurogeriatri.

4. Sasaran

  • Meningkatkan kualitas dan kompetensi mahasiswa dan lulusan dengan rata-rata IPK 3.00, lama study 4 tahun dengan 95% bekerja sesuai bidang.
  • Mengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan dengan rasio 1 : 30 serta 100% dosen berpendidikan magister sesuai bidang, meningkatkan jenjang jabatan akademik minimal Asisten Ahli dan rata-rata peningkatan setiap tahun pada jenjang akademik berikutnya
  • Meningkatkan tata kelola perguruan tinggi yang baik serta mengintegrasikan layanan tekhnologi dan informasi, dengan indicator aktreditasi program studi minimal baik sekali, SPMI dijalankan pada siklus PPEPP.
  • Meningkatkan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan road MAP penelitian dan PKM yang unggul pada fisioterapi neurogeriatri.
  • Meningkatkan peran dan kontribusi para stakehoders, dengan respon indikator bahwa 95% responden mengisi survey kepuasan.

Prospek Kerja Lulusan

Fisioterapi adalah profesi yang memiliki banyak peluang atau lahan untuk bekerja karena fisioterapi berperan sepanjang daur kehidupan dari sejak didalam kandungan sampai dengan lansia, beberapa lahan yang umumnya di tempati oleh fisioterapis adalah: 

  1. Rumah sakit

Secara umum Fisioterapi adalah pelayanan kesehatan maka di setiap rumah sakit adalah lahan praktek untuk fisioterapi klinis, di rumah sakit, fisioterapi bisa berperan sejak kondisi akut hingga pemulihan

 

 

Sumber: www.doktergigidoktersaraf.com

 2. Puskesmas

Puskesmas menjadi garda terdepan Kesehatan masyarakat dan komunitas sehingga layanan fisioterapi dapat bekerja pada tahap preventif dan promotif untuk mengedukasi masyarakat dan mencegah gangguan fungsional masyarakat melalui Tindakan-tindakan berbasis komunitas, selain itu penerapan layanan kuratif dan rehabilitatif juga dapat dierapkan pada tingkat puskesmas sehingga seluruh mayarakat dapat merasakan manfaat dari layanan fisioterapi dan tidak harus ke rumah sakit besar terlebih dahulu, layanan fisioterapi di puskesmas saat ini belum menyeluruh karena kurangnya lulusan fisioterapi sehingga ini menjadi pelung yang baik untuk memulai karir dalam dunia professional Kesehatan.

 

Sumber:website Puskesmas tasikmadu dan Jatipuro

3. Lingkungan industri

Dilingkungan industri fisioterapis bisa menjadi fisioterapi klinik yang bekerja pada pusan fisioterapi perusahaan atau sebagai fisioterapi ergonomi yang berperan sebagai konsultan kesehatan dan keselamatan kerja, dalam hal ini setiap perusahaan akan menjamin kesehatan dan keselamatan pekerjanya agar tidak terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan kerugian pada perusahaan.

 

 Sumber: www.backinactionuk.com

Sumber: abilitygroup.com.au

 4. Research Center

Pada pusat penelitian tentu fisioterapi sangat berperan dalam penelitian-penelitian tentang gerak dan fungsi gerak manusia serta dalam meningkatkan kompetensi fisioterapi dan guna menemukan metode-metode terbaru yang dapat di gunakan untuk meningkatkan kecepatan pemulihan pasien

 

 

Sumber: www.zhaw.ch

 5. Sport club

 

Dalam ranah fisioterapi olahraga, fisioterapi bertanggung jawab atas kecepatan pemulihan atlet hingga peninggkatan kemampuan atlet dalam meraih prestasi di arena pertandingan, salah satu contohnya fisioterapi club sepok bola, saat ini di setiap club sepak bola di dunia pasti memiliki tim fisioterapi yang bertanggung jawab atas kondisi fisik setiap pemain bahkan di Indonesia, tim Nasional Indonesia memiliki fisioterapis yang bertanggung jawab atas kondisi fisik setiap pemain, saat ini Asep dipercaya sebagai Fisioterapis timnas U-23 dan Luthfi Nanda dipercaya sebagai fisioterapis timnas U-19 dalam laga AFF U-19 2020

 

 

Sumber: https://web.facebook.com/alutfinanda

 6. Praktek klinik Mandiri

 

Fisioterapi adalah salah satu profesi yang dapat membuka layanan praktek fisioterapi mandiri yang artinya seorang fisioterapis dapat berwirausaha dengan menjalankan praktek klinik mandiri seperti beberapa klinik mandiri berikut:

 

 

Sumber:https://physiopreneur-sport-physiotherapy.business.site/

 

 

Sumber: https://www.klinikfisioterapimandiri.com/

Universitas Medika Suherman (UMS) Career Center :

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembanga.
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan IMDS di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik serta media sosial ( www.imdsl.ac.id).
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan IMDS.
  5. Penyaluran SDM lulusan IMDS kedalam RS. Sentra Medika Group.

 

     

    1. Klinik Fisioterapi
    2. Laboratorium Biokimia
    3. Laboratorium Komputer
    4. Perpustakaan Program Studi Fisioterapi
    5. Laboratorium Kimia

    Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain :

    1. Kementrian Kesehatan
    2. Dinas Kesehatan
    3. BUMN
    4. Lembaga Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Klinik.

    Merupakan bagian dari Rumah Sakit Sentra Medika Group, dengan 5 RS operasional :

    1. Sentra Medika Cibinong
    2. Sentra Medika Cisalak
    3. Sentra Medika Cikarang
    4. Sentra Medika Minahasa Utara
    5. Harapan Bunda