[Press Release]

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Vokasi Universitas Medika Suherman (UMS) telah menyelenggarakan Seminar Generasi Z Sadar Bencana dengan tema “Menumbuhkan Kesadaran dan Kesiapan Generasi Z tentang Kebencanaan”. Acara yang berlangsung pada Sabtu, 1 Juli 2023. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pembekalan bagi para mahasiswa Universitas Medika Suherman.

Kegiatan seminar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Universitas Medika Suherman dan terbuka untuk umum. Kegiatan yang diadakan secara langsung di Aula Gedung C Universitas Medika Suherman dan daring menggunakan aplikasi Zoom menghadirkan pembicara, yaitu Narwan selaku Manager Response dan Recovery Disaster Management Center, Hendra Sutisna selaku founder Yayasan BHD, dan Rizky Dwianto selaku Tim Basarnas.

Materi yang dibawakan mengenai kesadaran masyarakat khususnya generasi Z akan kebencanaan. Sesi satu dan dua adalah sesi berbagi pengalaman ketiga narasumber, mulai dari apa yang membuat mereka jatuh cinta dengan dunia kerelawanan, hingga pengalaman mereka yang paling berkesan selama menjadi seorang relawan.

Ketika memutuskan untuk menjadi seorang relawan setidaknya orang tersebut harus bisa mengamankan dirinya terlebih dahulu sebelum menolong orang lain, sama seperti Motto BASARNAS yang disampaikan oleh Danki (PA Rizky Dwianto) usahakan 0 Accident.

Diketahui juga bahwa dalam proses penanganan bencana terdapat 3 fase, yaitu Pra bencana, Pasca bencana, dan Tanggap darurat bencana.

Pada seminar gen z peduli bencana juga kita mengetahui bahwa ternyata teknologi dalam usaha pencegahan dan penanganan korban bencana Indonesia tidak kalah majunya dengan luar negeri. Yang menjadi tantangan kita saat ini adalah bagaimana cara mensosialisasikan teknologi tersebut kepada masyarakat umum. Salah satu solusi untuk tantangan tersebut adalah dengan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung, maupun melalui forum-forum publik seperti acara seminar Gen Z peduli bencana ini.

Hal yang paling utama yang harus dimiliki oleh seorang relawan adalah kenali potensi diri, kemampuan untuk mempertahankan dan mengamankan diri sendiri, mampu berpikir secara kreatif terhadap berbagai macam situasi yang kemungkinan akan dihadapi, serta tanamkan diri untuk selalu mengedepankan 0 Acciden.

#Red.MKT.